Qasidah Munajat Al Imam Al Quthb Habib Abdullah Al Haddad

Qasidah Munajat Al Imam Al Quthb Habib Abdullah Al Haddad

Ya Rasulallah . . .

Mu'zijat-1

Mukjizat Rasulullah SAW adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki nabi Muhammad SAW untuk membuktikan kenabiannya. Dalam Islam, mukjizat terbesar Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an. Selain itu, Rasulullah SAW juga diyakini pernah membelah bulan pada masa penyebaran Islam di Mekkah dan melakukan Isra dan Mi’raj tidak sampai satu hari.

Kemampuan lain yang dimiliki Rasulullah SAW adalah kecerdasannya mengenai ilmu ketuhanan. Hal ini tidak sebanding dengan dirinya yang ummi atau buta huruf. Walau begitu, umat Islam meyakini bahwa setiap hal dalam kehidupan Rasulullah SAW adalah mukjizat. Hal itu terbukti dari banyaknya kumpulan hadits yang diceritakan para sahabat mengenai berbagai mukjizat Rasulullah SAW. Berikut ini adalah 63 mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW :

Masa Kecil Rasulullah SAW
1.          Sayyidatina Aminah binti Wahab, ibu Rasulullah SAW pada saat mengandung Rasulullah SAW tidak pernah merasa lelah seperti wanita pada umumnya.
2.          Saat melahirkan Rasulullah SAW, Sayyidatina Aminah binti Wahab tidak merasa sakit seperti wanita sewajarnya.
3.          Rasulullah SAW dilahirkan dalam keadaan sudah berkhitan.
4.          Pada usia 5 bulan ia sudah pandai berjalan, usia 9 bulan ia sudah mampu
berbicara dan pada usia 2 tahun ia sudah bisa dilepas bersama anak-anak Halimah yang lain untuk menggembala kambing.
5.          Halimah binti Abi-Dhua’ib, ibu susuan Rasulullah SAW dapat menyusui kembali setelah sebelumnya ia dinyatakan telah kering susunya. Halimah dan suaminya pada awalnya menolak Rasulullah SAW karena yatim. Namun, karena alasan ia tidak ingin dicemooh Bani Sa’d, ia menerima Rasulullah SAW. Selama dengan Halimah, Rasulullah SAW hidup nomaden bersama Bani Sa’d di gurun Arab selama empat tahun.
6.          Abdul Muthalib, kakek Rasulullah SAW menuturkan bahwa berhala yang ada di Ka’bah tiba-tiba terjatuh dalam keadaan bersujud saat kelahiran Rasulullah SAW. Ia juga menuturkan bahwa ia mendengar dinding Ka’bah berbicara, “Nabi yang dipilih telah lahir, yang akan menghancurkan orang-orang kafir, dan membersihkan dariku dari beberapa patung berhala ini, kemudian memerintahkan untuknya kepada Zat Yang Merajai Seluruh Alam Ini.”
7.          Dikisahkan saat Rasulullah SAW berusia empat tahun, ia pernah dibedah perutnya oleh dua orang berbaju putih yang terakhir diketahui sebagai malaikat. Peristiwa itu
terjadi di ketika Rasulullah SAW sedang bermain dengan anak-anak Bani Sa’d dari suku Badui. Setelah kejadian itu, Rasulullah SAW dikembalikan oleh Halimah kepada Aminah.
Sirah Nabawiyyah, memberikan gambaran detai bahwa kedua orang itu, “membelah dadanya, mengambil jantungnya, dan membukanya untuk mengelurkan darah kotor darinya. Lalu mereka mencuci jantung dan dadanya dengan salju.” Peristiwa seperti itu juga terulang 50 tahun kemudian saat Rasulullah SAW diisra’kan ke Yerusalem lalu ke Sidratul Muntaha dari Mekkah.
8.          Dikisahkan pula pada masa kecil Rasulullah SAW, ia telah dibimbing oleh Allah. Hal itu mulai tampak setelah ibu dan kakeknya meninggal. Dikisahkan bahwa Rasulullah SAW pernah diajak untuk menghadiri pesta dalam tradisi Jahiliyah, namun dalam perjalanan ke pesta ia merasa lelah dan tidur di jalan sehingga ia tidak mengikuti pesta tersebut.
9.        Pendeta Bahira menuturkan bahwa ia melihat tanda-tanda kenabian pada diri Rasulullah SAW. Rasulullah SAW saat itu berusia 12 tahun sedang beristirahat di wilayah Bushra dari perjalannya untuk berdagang bersama Abu Thalib ke Syiria. Pendeta Bahira menceritakan bahwa kedatangan Rasulullah SAW saat itu diiringi dengan gumpalan awan yang menutupinya dari cahaya matahari. Ia juga sempat berdialog dengan Rasulullah SAW dan menyaksikan adanya sebuah “stempel kenabian” (tanda kenabian) di kulit punggungnya.
10.      Mukjizat lain adalah Rasulullah SAW pernah memperpendek perjalanan. Kisah ini terjadi saat pulang dari Syiria. Rasulullah SAW diperintahkan Maisarah membawakan suratnya kepada Khadijah saat perjalanan masih 7 hari dari Mekkah. Namun, Rasulullah SAW sudah sampai di rumah Khadijah tidak sampai satu hari. Dalam kitab as-Sab’iyyatun fi Mawadhil Bariyyat, Allah memerintahkan pada malaikat Jibril, Mikail, dan mendung untuk membantu Rasulullah SAW. Jibril diperintahkan untuk melipat tanah yang dilalui unta Rasulullah SAW dan menjaga sisi kanannya sedangkan Mikail diperintahkan menjaga di sisi kirinya dan mendung diperintahkan menaungi Rasulullah SAW.
0 Responses

Posting Komentar


Assalamu 'Alaika Ayyuhan Nabiyyu Warahmatullahi Wabarokatuh

Video Streaming Acara Akbar "Majelis Rasulullah"