Qasidah Munajat Al Imam Al Quthb Habib Abdullah Al Haddad

Qasidah Munajat Al Imam Al Quthb Habib Abdullah Al Haddad

Ya Rasulallah . . .

Niat Bersedekah
Niat Bersedekah Cetak
Habib Muhammad bin Zain bin Smith, murid Imam Al Haddad, menuturkan ihwal beragam niat dalam bersedekah dan berbagai manfaatnya dunia-akhirat. Diantara niat-niat tersebut adalah:

  1. Mencari Ridha Allah Swt.
  2. Agar Allah merahmatinya, sebab dengan bersedekah berarti ia telah menyayangi dan merahmati hamba Allah. Orang yang penyayang disayangi Ar Rahman Swt.
  3. Niat memadamkan murka Allah atasnya, terutama dalam sedekah yang dirahasiakan.
  4. Menjalankan perintah Allah Swt serta meneladani Nabi Muhammad Saw, para sahabat, tabi'in, dan shalihin seluruhnya.
  5. Niat membersihkan hati dari sifat kikir dengan cara bersedekah.
  6. Niat sebagai wakilseluruh muslimin dalam kewajiban bersedekah.
  7. Niat menyambung tali silaturahmi dengan sedekahnya.
  8. Berniat membahagiakan saudaranya yang muslim serta menghilangkan kesusahannya. Hal ini merupakan suatu ibadah yang paling mulia.
  9. Niat menghilangkan kegundahan yang tedapat pada hati orang-orang fakir.
  10. Niat mendapatkan doa, baik melalui perkataan atau perbuatan orang-orang fakir, dan berharap agar doanya dikabulkan Allah, karena keluar dari hati yang ikhlas.
  11. Niat menentramkan hati orang lain dengan sedekah tersebut, karena biasanya bila memerlukan sesuatu seseorang tidak bisa tenang dan selalu gundah.
  12. Niat agar orang-orang yang mendapat sedekah bisa lebih fokus dalam memperbanyak dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Karena, jika dituntut untuk hal-hal lain, ia tidak bisa tenang dalam beribadah.
  13. Niat agar kelak di akhirat ia bisa mendapatkan syafaat dari orang mukmin yang menerima sedekah tersebut.
  14. Niat menutupi aib orang fakir, agar Allah Swt juga menutupi aibnya kelak. Rasulullah Saw bersabda,"Barangsiapa menutupi aib saudaranya sesama muslim di dunia, Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat."
  15. Niat dengan pemberiannya itu untuk menanamkan rasa cinta sesama muslim dalam hati si fakir, sebab kecintaan kepada sesama muslim akan membuahkan manfaat di hari kiamat.
  16. Niat menghilangkan penyakit-penyakit hati yang kadang terdapat dalam hati seorang fakir karena iri terhadap karunia Allah yang diberikan kepada orang-orang kaya, dan hal tersebut disebabkan karena lemahnya iman dan kurangnya keyakinan kepada sang pemberi (Al Mannan).
  17. Niat dengan sedekahnya sebagai wujud syukur kepada Allah atas karunia-Nya berupa kecukupan rizki dan bisa bersedekah.
  18. Niat dengan sedekahnya sebagai wujud menunaikan kewajiban terhadap orang-orang fakir, karena sebagian ulama berkata,"Sungguh orang-orang kaya mempunyai kewajiban lain terhadap orang-orang fakir dalam hal harta selain kewajiban zakat."
  19. Niat agar hartanya ditambah oleh Allah. Rasulullah Saw bersabda,"Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, bahkan bertambah dan bertambah." Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa malaikat berdoa setiap harinya," Ya Allah, gantilah harta orang yang berinfak. Ya Allah habiskan harta orang-orang yang enggan berinfak."
  20. Niat membersihkan hartanya dari barang-barang yang subhat.
  21. Niat menambal kekurangan dan kealpaan yang pernah terjadi tanpa disadari saat mencari harta, seperti halnya sujud sahwi sebagai penambal kekurangan dalam shalat.
  22. Niat mencari pahala dari Allah dan agar diampuni atas dosanya, sebab Rasulullah Saw pernah bersabda,"Sedekah bisa menghapus dosa seperti api membakar kayu bakar."
  23. Niat dengan berkah sedekah, Allah membalas kepada keturunannya dan hartanya dengan kebaikan, sebab Rasulullah Saw bersabda,"Tidaklah seorang hamba berbuat suatu kebaikan melainkan Allah akan berbuat baik pula kepada keturunannya kelak."
  24. Niat agar Allah menolak bala dan musibah darinya, seperti sabda Nabi Saw,"Sesungguhnya bala tidak akan melangkahi sedekah." Dalam hadits yang lain,"Sesungguhnya sedekah bisa menutup 70 pintu bala dan keburukan." 
  25. Niat menjaga lidah orang fakir dari dosa ghibah (gunjingan) terhadap dirinya. Karena, kebiasaan manusia jika tidak diberi, akan menceritakan orang yang tidak memberinya.
  26. Niat memberi contoh kepada orang lain untuk bersedekah.  Itupun jika menurutnya ia dapat selamat dari penyakit riya'.

Tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah
Ketahuilah, jika orang yang bersedekah berniat sesuai yang disebutkan diatas, Allah pasti akan memberi pahala pada setiap niat yang ia niatkan, bahkan satu niat bisa bermacam-macam pahala. Dan hal tersebut diisyaratkan oleh Rasulullah Saw,"Terkadang satu dirham mengalahkan seribu dirham." Dan sesungguhnya karunia Allah teramat luas. Dan dibalik niat-niat tersebut masih terdapat ribuan niat lain yang hanya diketahui oleh orang-orang yang dikhususkan oleh Allah.
Semoga Allah memberi taufik dan hidayah kepada hamba-Nya. Amin.
Diringkas dengan penambahan dan penguranga dari kitab Al Manhaj As Sawi*AP

Sumber: Majalah Al Kisah No.06/23 MAR, hal. 108-109.
Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar


Assalamu 'Alaika Ayyuhan Nabiyyu Warahmatullahi Wabarokatuh

Video Streaming Acara Akbar "Majelis Rasulullah"