Qasidah Munajat Al Imam Al Quthb Habib Abdullah Al Haddad

Qasidah Munajat Al Imam Al Quthb Habib Abdullah Al Haddad

Ya Rasulallah . . .

Khusyu'
Rahasia dan Hikmah Shalat 5 WaktuSebagian penulis menyebutkan dalam manaqib (biografi) Al-Imam Ali bin Abi Thalib -semoga Allah SWT meridhai beliau- bahwa suatu kali sebuah duri yang besar menancap sangat dalam dikaki beliau. Ketika duri tersebut akan dicabut, beliaupun merasa sangat kesakitan, sehingga dibiarkanlah begitu hingga datang waktu shalat. Ketika beliau masuk dalam shalat dan tenggelam dalam kekhusyu’annya, orang-orang pun menarik duri tersebut sedikit demi sedikit, dan beliau tidak merasakan apapun, sedangkan beliau sedang sholat. Hal itu karena dalamnya kekhusyu’an beliau, dan shalat telah menyita hati dan pikiran beliau serta membuat urat-urat syaraf beliau menjadi tenang sehingga beliaupun tak merasakan sakit. Semoga Allah meridhai beliau dan membuat beliau ridha, serta memuliakan wajah beliau.

Beberapa ulama ahli sejarah menyebutkan dalam biogarfi Abdullah bin Az-Zubair bin Al-Awam –semoga Allah SWT meridhai keduanya-  bahwa jika Abdullah Shalat di Masjidil Haram, orang menyangka beliau adalah salah satu tiang dari masjid. Hal itu karena tenangnya dan diamnya beliau serta tenggelamnya beliau dalam shalat. Sehingga terkadang burung merpati pun hinggap diatas kepala beliau.

Diriwayatkan pula dari saudara beliau, yang bernama Urwah, bahwa kaki Abdullah bin Az-Zubair suatu kali terkena sebuah penyakit yang mengharuskan kakinya diamputasi (dipotong). Ketika mereka akan memotong kakinya tersebut, beliaupun berkata : “Tunggulah, hingga aku shalat. Jika aku telah masuk dalam shalat maka lakukanlah apa yang kalian akan lakukan”. Maka ketika beliau masuk dan tenggelam dalam shalatnya, mereka pun memotong salah satu bagian dari kakinya. Beliaupun tak merasakan apa-apa dan beliau tetap melanjutkan shalatnya. Semoga Allah mengasihi beliau.

Suatu kali terbakarlah rumah Ali bin Husain bin Ali bin Abi Thalib, yang terkenal dengan julukan Zainal Abidin (Hiasannya orang-orang yang ahli ibadah) –Semoga Allah SWT meridhai mereka- rumah beliau terbakar sedangkan beliau sedang sholat. Maka orang pun berteriak Api!! Api!!. Namun beliau tidak merasakan apa-apa padahal api sudah dekat dengan beliau. Sehingga akhirnya orang-orangpun berhasil memadamkannya.  Setelah beliau salam, orang-orang berkata kepada beliau : “Bagaimana engkau tidak menyadari akan adanya api ?. Beliau ra’ menjawab : “Aku mengingat panasnya api akhirat maka aku tidak memutuskan shalatku karena api dunia”.

Dan termasuk suatu hal yang biasa, dahulu ketika masa awal islam, orang-orang yang shalat berdiri lama sekali dalam shalatnya karena merasakan nikmatnya shalat dan merenungi makna-makna ayat Al-Qur’an yang dibaca dalam shalatnya tersebut.


Diambil dari buku :
Rahasia dan Hikmah Shalat 5 Waktu
Karya Al-Allamah Sy. Muhammad bin Ahmad Asy-Syathiri

Sumber :
http://tamanbuku.com/news/9/Khusyu
Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar


Assalamu 'Alaika Ayyuhan Nabiyyu Warahmatullahi Wabarokatuh

Video Streaming Acara Akbar "Majelis Rasulullah"